IJoEd: Indonesian Journal on Education
Vol. 1 No. 2 (2024)

Pengaruh Literasi dan Numerasi Terhadap Kebiasaan Menabung Anak Anak di Masyarakat

Sakinah, Rahmaleli (Unknown)
niswa, Valia (Unknown)
rizki, Patilah (Unknown)
zahra, Alisha (Unknown)
Juriyatun, Siti (Unknown)
Sholihah, Maratun (Unknown)
Salamah, Nurul (Unknown)
Ayu, Tya (Unknown)
Najah, Ismi Mazidatun (Unknown)
Aini, Syaripatul (Unknown)
Ragil, Yoga Aditia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu literasi penting yang harus dikuasai. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pemahaman mendalam mengenai pengaruh literasi dan numerasi tentang menabung terhadap kebiasaan menabung anak-anak di masyarakat. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau mendeskripsikan pemahaman mendalam mengenai pengaruh literasi dan numerasi tentang menabung terhadap kebiasaan menabung anak-anak di masyarakat. Dalam penelitian ini, tiga metode digunakan untuk mengumpulkan data: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan diperoleh bahwa ada pengaruh literasi numerasi dan tentang menabung terhadap kebiasaan menabung anak-anak di Masyarakat. Kemampuan literasi numerasi berperan penting karena dapat meningkatkan kebiasaan menabung anak- anak. Dalam konteks ini, literasi merujuk pada pemahaman tentang konsep dasar menabung, sementara numerasi merujuk pada kemampuan anak dalam melakukan perhitungan dan perencanaan keuangan. Dari data yang telah dikumpulkan dapat dianalisis tingkat literasi yang rendah tetapi cukup tinggi di bagian numerasi dilihat dari tingginya kesadaran anak-anak tentang pentingnya menabung, serta mereka sudah diajarkan menabung sedari kecil. Saran diharapkan kebiasaan literasi numerasi terkait menabung terhadap anak terus di terapkan karena literasi numerasi berperan penting karena dapat meningkatkan kebiasaan menabung anak- anak

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijoed

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal on Education (IJoEd) is a peer-reviewed open-access journal established for disseminating state-of-the-art knowledge in the field of education. This journal is published annually in March, June, September, and December by LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan. Indonesian Journal on ...