Salah satu prioritas utama dalam bidang pendidikan adalah meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak, serta menumbuhkan minat mereka untuk membaca. Sangat penting bagi perkembangan anak adalah literasi, yang mencakup kemampuan membaca dan menulis, dan numerasi, yang mencakup kemampuan memahami dan menggunakan angka. Literasi merupakan salah satu unsur yang penting dalam kemajuan suatu Negara saat ini. (Susanti and Maulina 2024). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan implementasi pojok baca sebagai upaya meningkatkan motivasi membaca siswa di Taman Kanak-Kanak. Pojok baca dibuat sebagai pojok yang menarik, dilengkapi dengan berbagai buku yang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus, melibatkan observasi dan analisis dokumentasi untuk mengevaluasi dampak pojok baca terhadap minat baca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan pojok baca berkontribusi signifikan dalam meningkatkan minat baca siswa. Selain itu, program ini juga mendorong keterlibatan guru dalam memfasilitasi kegiatan membaca, baik melalui pengintegrasian materi pelajaran maupun dalam kegiatan literasi lainnya. Dengan demikian, pengembangan pojok baca tidak hanya berfungsi sebagai sarana penyimpanan buku, tetapi juga sebagai alat strategis dalam menciptakan budaya literasi yang positif di kalangan siswa. Saran kepada siswa, siswa juga harus berperan aktif dalam pemanfaatan pojok baca.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024