IJoEd: Indonesian Journal on Education
Vol. 1 No. 3 (2025)

Instruksi Sosial Fyp (For Your Page) Media Sosial Tiktok pada Perilaku Gen Z

R.U , Angela Melita (Unknown)
Misnawati, Desy (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2025

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat telah membawa transformasi signifikan dalam struktur masyarakat global, dari era tradisional dan industrialisasi menuju era informasi. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana media TikTok diminati dan dimanfaatkan oleh Gen. Z di kota palembang, yang secara khusus pada mahasiswa/i sistem informasi di Universitas MDP. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif  dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mewancarai informan sebanyak 5 orang dengan 2 orang pria yang aktif di media sosial TikTok dan 3 orang wanita yang juga aktif menggunakan media sosial TikTok. Hasil wawancara dan dokumentasi yang dilakukan peneliti terhadap informan yang memberikan jawaban menunjukkan minat terhadap media sosial TikTok cukup tinggi dan minat yang positif berdasarkan konten yang menghibur serta Tips dan trik edukasi yang menambah pengetahuan mereka. Hal ini dibuktikan dengan seringnya para informan yang mengakses TikTok dengan mengakses TikTok dan para Generasi Z tersebut  kelihatan bahagia karena konten yang menghibur serta Tips dan Trik yang meng edukasi mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijoed

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal on Education (IJoEd) is a peer-reviewed open-access journal established for disseminating state-of-the-art knowledge in the field of education. This journal is published annually in March, June, September, and December by LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan. Indonesian Journal on ...