Kalam Al Gazali: Education and Islamic Studies Journal
Vol 2 No 1 (2025): Education and Islamic Studies Journal (Februari-September)

Al-Qur'an, Human Rights, and Pluralism: Answering the Challenge of Religious Freedom in the Modern World

Surahman S (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Achmad Abubakar (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Rahmi Damis (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2025

Abstract

Tiga pilar utama yang berfungsi untuk mewujudkan keharmonisan di tengah masyarakat global yang semakin kompleks adalah Al-Qur’an, Hak Asasi Manusia (HAM), dan Pluralisme. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif yang mengadopsi metode penelitian kepustakaan (library research). Kebebasan beragama menjadi masalah penting di zaman sekarang dan seringkali berada di persimpangan antara tradisi dan dinamika sosial modern. Tulisan ini memeriksa bagaimana nilai-nilai Islam berhubungan dengan hak asasi manusia, dengan penekanan khusus pada bagaimana Islam dapat menawarkan cara unik untuk mendukung pluralisme sambil mempertahankan esensi ajarannya. Kajian ini bertujuan untuk menjawab tantangan yang dihadapi kebebasan beragama melalui lensa Islam yang inklusif, menggunakan analisis historis, perspektif teologis, dan konteks global. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai-nilai universal Islam dapat digunakan untuk mendorong keadilan, toleransi, dan penghormatan terhadap keragaman keyakinan jika dipahami secara kontekstual. Paradigma dialogis diusulkan sebagai solusi untuk menjembatani. Kata kunci: Al-Qur’an, Hak Asasi Manusia (HAM), Kebebasan beragama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-kalam

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This journal welcomes the contributions of scholars from related fields warmly that consider the following general topics (Journal Scope): Quranic exegesis, living sunnah, Islamic law, Islamic philosophy, Islamic mysticism, theology, education, and scientific ...