Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai harian pada pelajaran tema 5 yaitu ekosistem, dari keseluruhan jumlah peserta didik kelas V yaitu 20 peserta didik hampir setengah dari jumlah mendapatkan nilai dibawah KKM. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah media animasi bencana pada model pembelajaran Number Head Together (NHT) efektif terhadap hasil belajar tema 5 pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media animasi bencana pada model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar tema 5 pada peserta didik kelas 5 Sekolah Dasar.Metode penelitian kuantitatif, dengan rancangan penelitian yaitu Pre Experimental Design bentuk one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah 20 peserta didik kelas V yang menggunakan teknik Sampling Jenuh. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata nilai hasil posttest lebih tinggi dari pada rata-rata nilai pretest (7156,5). Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 5,883484054 ttabel = 2,023 pada taraf signifikansi 5%. Karena thitung ttabel, yaitu 5,883484054 2,023 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Media Animasi Bencana pada Model Number Head Together (NHT) efektif terhadap Hasil Belajar Tema 5 pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021