Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)
Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)

Memperkenalkan Budaya Belis Manggarai Melalui Teknologi Digital: Pendekatan Kognitivisme Dalam Pembelajaran IPS

Tanggur, Femberianus Sunario (Unknown)
Shole, Moh. (Unknown)
Saddam, Saddam (Unknown)
Nuryanti, Nuryanti (Unknown)
Wisnuwardana, I Gede Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan teknologi digital dalam memperkenalkan dan melestarikan budaya Belis Manggarai melalui pendekatan kognitivisme dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat sekolah dasar. Dengan perkembangan teknologi digital yang pesat, pendidikan dihadapkan pada tantangan dalam mengintegrasikan budaya lokal, khususnya budaya Belis, ke dalam kurikulum sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan guru, siswa, dan tokoh masyarakat sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital seperti video interaktif dan aplikasi pembelajaran meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam memahami budaya Belis. Teknologi digital memungkinkan siswa untuk belajar secara lebih interaktif dan multisensori, memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai budaya Belis. Temuan utama penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis teknologi digital tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan, tetapi juga memperkuat keterlibatan emosional siswa terhadap budaya lokal mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pengajaran yang inovatif untuk melestarikan budaya lokal di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipend

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan adalah jurnal akses terbuka yang direview secara double-blind. Jurnal ini menyediakan publikasi artikel pada semua bidang pendidikan (Multidisiplin) Ilmu Pendidikan. Tujuannya adalah menyediakan platform bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi untuk berbagi, ...