Pelayanan adalah suatu kinerja atau jasa untuk membantu seseorang, namun hal tersebut bersifat subjektif dari sudut pandang konsumen sehingga tidak ada tolak ukur pasti tentang pelayanan meskipun berbagai pendapat dan penelitian banyak menjabarkannya. Karena kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau jasa (atau hasil) yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya. Bila kinerja atau jasa melebihi harapan mereka akan merasa puas dan sebaliknya bila kinerja atau jasa yang diterima tidak sesuai harapn maka akan kecewa. Begitupun dengan pelayanan pada Bimbingan dan Konseling yang dialami peserta didik di sekolah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan peserta didik dalam manajemen pelayanan yang diberikan oleh Bimbingan dan Konseling di MA Negeri 2 Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri 2 Bogor dengan menggunakan metode campuran (mix methode) dengan model studi evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara dan angket (kuesioner). Hasil penelitian menunjukkan penjabaran manajemen pelayanan BK di MA Negeri 2 Bogor, keterkaitan antara studi evaluasi CIPP dengan hasil penelitian dan peserta didik cukup puas pada manajemen pelayanan BK di MA Negeri 2 Bogor.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020