Jurnal Silih Asah
Vol. 2 No. 1 (2025): Februari : Jurnal Silih Asah

Peranan Guru Berdasarkan Filipi 4:2-9 Dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan Siswa Di SDS Danbi Bersinar Bekasi

Regina Meriana Kabonu (Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor)
Elia Umbu Zasa (Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor)
Olis Olis (Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan guru berdasarkan Filipi 4:2-9 dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa di SDS Danbi Bersinar Bekasi. Pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri. Guru sebagai komponen krusial dalam pendidikan memiliki peran sentral dalam membentuk perilaku dan mengembangkan sumber daya manusia yang potensial. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, ditemukan beberapa masalah ketidakdisiplinan siswa yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini menemukan bahwa guru memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai disiplin melalui nasihat, bimbingan, dan teladan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk mengatasi masalah ketidakdisiplinan siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SilihAsah

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Silih Asah : Jurnal penelitian ini merupakan kumpulan makalah yang menggambarkan upaya mahasiswa dalam menjelajahi aspek teologi dan pendidikan agama Kristen dalam era modern. Dalam terang pemahaman yang mendalam terhadap ajaran agama, karya ini memberikan wawasan mendalam terkait ...