Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penyebab kinerja injector yang kurang optimal pada mesin induk, pengaruh kinerja injector yang kurang optimal, dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan optimalisasi kinerja injector guna mendukung kinerja mesin induk. Dengan metode pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan telaah pustaka, penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan data primer maupun sekunder. Berdasarkan hasil temuan penulis, temperatur gas buang pada silinder kanan mesin induk 1, 2, dan 8 Kapal TB. MDM Banjar berada pada kondisi anomali. ditemukan saat kapal berlayar dari Loleba menuju Weda, Halmahera, pada tanggal 27 Juli 2023. Gas buang mesin induk pada silinder 1, 2, dan 8 memiliki temperatur yang tidak normal, yang oleh masinis dianggap sebagai anomali. Berdasarkan hasil temuan penelitian, terdapat penyumbatan pada lubang orifice injector bahan bakar, dan seiring berjalannya waktu, gesekan dengan bahan bakar bertekanan tinggi dan kotoran pada bahan bakar dapat menyebabkan lubang orifice membesar. Temuan ini memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan suhu gas buang di silinder 1, 2, dan 8 mesin utama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024