el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 7, No 1 (2024): el-ibtidaiy

Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar Materi Kegiatan Ekonomi

PRATAMA, JUNSEN IKA (Unknown)
marhadi, hendri (Unknown)
-, munjiatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPS siswa yang diberikan perlakuan dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran pop-up book dengan siswa yang belajar menggunakan buku tema saja. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 42 Pekanbaru yang terdiri dari kelas IV B dan kelas IV C, dimana kelas IV C menjadi kelas eksperimen dan kelas IV B menjadi kelas kontrol yang dilakukan dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil uji hopotesis diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,012 < 0,05 dengan rata-rata kelas eksperimen memiliki nilai (mean) 82,97 sedangkan kelas control memperoleh nilai (mean) 76,83. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran pop-up book sebesar 22,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran pop-up book terhadap peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 42 Pekanbaru dengan besar pengaruhnya sebesar 68,8% dalam kategori tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...