Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services)
Vol. 4 No. (2) (2022)

Sosialisasi dan Pembinaan Pembelajaran Fiqih bagi Siswa SMP di Desa Jembatan Kembar Kecamatan Lembar

Hadlun, Hadlun (Unknown)
Supian Azhari (Unknown)
Azizah Nurul Fadlilah (Unknown)
Ahmad Ilham Mayadi (Unknown)
Jamilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Ilmu Fiqih sangat penting dalam ajaran Agama Islam karena mengulas terkait cara menjalankan syariat Islam secara benar dalam berbagai aspek kehidupan. Kegiatan sosialisasi dan pembinaan pembelajaran fiqih bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Jembatan Kembar, Kecamatan Lembar, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai hukum-hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari. Program ini diselenggarakan sebagai respons terhadap rendahnya pemahaman siswa terhadap ilmu fiqih, yang berperan penting dalam membimbing sikap dan perilaku mereka sesuai dengan ajaran Islam. Melalui metode pembelajaran yang interaktif dan praktis, seperti diskusi kelompok, simulasi ibadah, dan studi kasus, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik dan meningkatkan minat siswa dalam mempelajari fiqih. Evaluasi dilakukan dengan memberikan tes pra dan pasca pembelajaran serta melakukan wawancara untuk mengetahui perubahan sikap siswa terhadap materi fiqih. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan mampu meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa, serta membantu mereka mengaitkan konsep-konsep fiqih dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, program ini berhasil memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan agama di tingkat SMP, khususnya di Desa Jembatan Kembar, dan menjadi model bagi kegiatan serupa di daerah lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmsi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (JPMSI) | p-ISSN : 2715-2545, e-ISSN : 2715-2537 |merupakan salah satu jurnal Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini diterbitkan oleh Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains ...