Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 4 No. 2 (2025): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial

Pengembangan Articulate Storyline Berbasis STEM-PjBL Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Pesawat Sederhana

Febriyani, Mira (Unknown)
Syahmani, Syahmani (Unknown)
Hafizah, Ellyna (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyajikan penjelasan tentang validitas media serta kepraktisan media articulate storyline. Media belajar dikembangkan menggunakan aplikasi articulate storyline yang mengaitkan konteks STEM-PjBL dalam mengasah kemampuan pemecahan masalah pada materi IPA SMP kelas VIII yaitu pesawat sederhana. Penelitian ini termasuk penelitian R & D yang menerapkan model 4D (define, design, develop, diseminate). Adapun pengumpulan data menggunakan angket respon peserta didik yang dibagikan saat penelitian dengan teknik analisis data dan uji validasi. Dengan nilai masing-masing 0,83 dan 0,84, media articulate storyline, dan instrumen materi pesawat sederhana dianggap valid. Media memenuhi persyaratan untuk validitas tinggi, dengan nilai konsistensi antara validator 89,00% dan 85,00%. Dalam tes keterbacaan dan kepraktisan kelompok kecil, media memperoleh nilai keterbacaan media masing-masing sebesar 86,00% dan 88,44% pada kuesioner angket respon jawaban peserta didik. Berdasarkan uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan media articulate storyline layak serta praktis untuk diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar materi IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial menerbitkan artikel ilmiah pendidikan dan ilmu sosial berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit 4 kali setiap tahun pada bulan Januari, Maret, Juli, dan ...