Journal of Primary Education
Vol 1, No 1 (2021): JUNE

Hubungan Pemberian Reward dengan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

Yusipa, Fitri (Unknown)
Nurlaili, Nurlaili (Unknown)
Aziz, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan pemberian reward dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Negeri 93 Kaur. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu reward sedangkan variabel terikat yaitu minat belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan Uji Hipotesis dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti adanya hubungan antara pemberian reward dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 93 Kaur. Hal tersebut dibuktikan pada hasil perhitungan Uji Hipotesis yaitu diperoleh rxy = 0,487 sedangkan rtabel dengan df = 21 pada taraf signifikan 5% yaitu 0,433 berarti rxy > ttabel (0,487 > 0,433). Dengan demikian Ho menyatakan tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemberian reward dengan minat belajar siswa ditolak, dan sebaliknya Ha yang menyatakan terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemberian reward dengan minat belajar siswa diterima

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JPE: Journal Primary Education is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the primary education covering: Development of Elementary Education Learning Dynamics of Elementary Education Systems Innovation and Creativity ...