Journal of Primary Education
Vol 1, No 1 (2021): JUNE

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar Siswa

Fauziah, Maijul (Unknown)
Amaliyah, Aam (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajarmatematika siswa kelas IV yang diajarkan menggunakan alat peraga dakota lebih baik dari pada yang diajarkan tidak menggunakan alat peraga dakota di SD Negeri 61 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV A berjumlah 27 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas IV B berjumlah 27 orang sebagaikelompok eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu alat peraga dakota sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes soal essay. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IV yang diajarkan menggunakan alat peraga dakota lebih baik dari pada yang diajarkan tidak menggunakan alat peraga dakota di SD Negeri 61 Kota Bengkulu. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 3,383 dan nilai ttabel untuk dengan df 52 pada taraf signifikan 5% yaitu 1,674. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,383 > 1,674). Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan alat peraga dakota dan yang tidak menggunakan alat peraga dakota.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JPE: Journal Primary Education is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the primary education covering: Development of Elementary Education Learning Dynamics of Elementary Education Systems Innovation and Creativity ...