Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode permainan perang dinding terhadap pembelajaran teks biografi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Siborongborong pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Studi ini berlangsung dari Januari hingga Agustus 2024 dengan menggunakan pendekatan penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang diterapkan adalah One-Group Pretest-Posttest Design, di mana seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Siborongborong yang berjumlah 270 siswa dari 7 kelas dijadikan populasi penelitian. Sampel penelitian dipilih melalui teknik random sampling, sehingga diperoleh 37 siswa dari kelas X IPA 2 sebagai partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan perang dinding secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks biografi. Nilai rata-rata pretest sebelum penerapan metode ini adalah 55,81, yang mencerminkan kemampuan menulis yang masih rendah. Setelah metode ini diterapkan, nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 76,49, yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Perubahan ini terlihat dari pergeseran mayoritas siswa yang sebelumnya berada pada kategori "kurang" dan "sangat kurang" dalam pretest, menjadi kategori "baik" dalam posttest. Selain itu, hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan berdistribusi normal, sehingga mendukung validitas hasil penelitian. Berdasarkan temuan ini, metode permainan perang dinding direkomendasikan sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis teks biografi siswa.
Copyrights © 2025