Jurnal Mutiara Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2025): Special Issue

Model Asesmen Kesiapan Bersekolah Aspek Literasi dan Numerasi untuk Anak Usia 4-7 Tahun

Syamsiatin, Eriva (Unknown)
Nurjannah (Unknown)
Muis, Azizah (Unknown)
Juniasih, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Seiring dengan program pemerintah dalam penerapan kurikulum merdeka pada fase fondasi (PAUD) asesmen memegang peranan penting sebagai acuan dalam memetakan kondisi anak. Tujuan penleitian ini yiatu sebagai pedoman guru untik mendokumentasikan kemunculan perkembangan perkembangan dan kemampuan praakademik anak terutama dalam kegiatan literasi dan numerasi. Sebagai dasar pemetaan kesiapan dasar kemampuan akademik anak pada aspek literasi dan numerasi. Perangkat ini juga dapat dimanfaatkan oleh guru Sekolah Dasar untuk mengetahui kondisi literasi dan numerasi awal anak sebagai pijakan untuk mengembangkan program kegiatan belajar mengajar. Penelitian Model Asesmen Kesiapan Bersekolah Aspek Literasi dan Numerasi untuk Anak usia 4 – 7 Tahun akan dilakukan dalam lima tahap pendekatan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan development) Dick, Carey, and Carey (2001). Penelitian kedalam tiga tahun kegiatan. Pada tahun pertama penyusunan perangkat asesmen pada tahap analisis dengan menggunakan pendekatan studi literatur.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan ...