Jurnal Mutiara Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2025): Special Issue

Pengaruh Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun RA Islam Terpadu Thoyyibah Kerasaan I

Safitri, Yuni (Unknown)
Srinahyanti (Unknown)
Rahmawati, Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah Keterampilan berbicara yang belum optimal, pengucapan kata, kalimat, dan huruf masih banyak anak yang belum jelas pengucapannya, serta anak belum bisa menjawab apa yang telah didengarkan pada saat selesai melakukan kegiatan, Media wayang kertas belum pernah di gunakan di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media wayang kertas terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Islam Terpadu Thoyyibah Kerasaan 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode eksperimen dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttest. Desain dengan bentuk Pre-Eksperimental Design yang terdapat Pretest (sebelum diberi perlakuan) dan posttest (setelah diberi perlakuan). Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas B di RA Islam Terpadu Thoyyibah Kerasaan 1 dengan sampel 16 orang anak. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar obeservasi. Teknik analisis data menggunakan stantistik non-parametrik uji Wilcoxon. Dari hasil pengumpulan dari Pre-test terdapat nilai rata-rata 8 dengan sampel sebanyak 16 anak dan berada pada kategori Cukup. Kemudian pada perhitungan keterampilan berbicara anak dengan Post-test atau diberi menggunkan media wayang kertas terdapat nilai rata-rata 14 dengan sampel sebanyak 16 anak dan berada pada kategori Sangat Baik. Berdasarkan analisis data tersebut, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan metode bernyanyi dalam proses kegiatan belajar terkhusus dalam mengenal huruf dapat berpengaruh signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis pada tabel 4.4 dapat disimpulkan bahwa Jhitung < Jtabel dimana 7 < 30, dengan demikian maka hipotesis diterima. Artinya “ada pengaruh media wayang kertas terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun RA Islam Terpadu Thoyyibah Kerasaan 1”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan ...