Jurnal Mutiara Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2025): Special Issue

Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Berbantuan Black Bos ARVR

Aisyah, Siti (Unknown)
Barokah, Ahmad Irfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran ciri khusus hewan di SD kelas 1 se-Kecamatan Parakan. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah memadukan PBL dan PjBL berbantuan Black Box ARVR. Penelitian ini dilaksanakan di SD se- Kecamatan Parakan pada Siswa Kelas 1 Ciri Khusus Hewan. Desain penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan rubrik. Populasi penelitian ini adalah seluruh Guru dan peserta didik se-Kecamatan Parakan dengan sampel penelitian 20 GuruKelas. Hasil Peneltian ini adalah Model Pembelajaran Ciri Khusus Hewan Menggunakan PBL dan PjBL berbantuan Black Box ARVR (1) mencapai tingkat kelayakan desain 98% dan kelayakan produk 98% dengan metode expert judgement, (2) hasil observasi minat Sebanyak 10 kelas (67%) menyatakan sangat minat, sebanyak 2 kelas (13%) menyatakan minat, dan sisanya 3 kelas (20%) menyatakan cukup minat, (3) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang awalnya sebanyak 15 kelas (100%) tidak mencapai target menjadi sebanyak 12 peserta didik (80%) mencapai target pembelajaran, (4) hasil observasi keefektivan model pembelajaran yang dilakukan oleh observer. Kesimpulan bahwa Pengembangan Model pembelajaran Ciri Khusus Hewan Menggunakan PBL dan PjBL berbantuan Blackbox ARVR dapat menyelesaikan permasalahan pembelajaran terutama di kels rendah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mutiara Pendidikan (JMP) merupakan wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti bidang anak usia dini, termasuk Pendidikan serta psikologis anak pada tahapan perkembangan ...