Implementasi asesmen perkembangan anak usia dini dalam kurikulum merdeka merupakan kunci keberhasilan sebuah pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi asesmen perkembangan anak usia dini di Kecamatan Tenggarong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas di tiga taman kanak-kanak di Kecamatan Tenggarong. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan dan pengetahuan guru, dukungan orangtua, ketersediaan sumber daya dan fasilitas, serta kebijakan pemerintah daerah memainkan peran penting dalam keberhasilan asesmen. Perlunya pelatihan berkelanjutan untuk guru, peningkatan keterlibatan orangtua, dan kebijakan pemerintah yang mendukung dapat membantu pihak sekolah dalam menjalankan asesmen secara optimal. Selain itu kolaborasi antara pendidik, orangtua, dan pemerintah, serta pendekatan yang sensitif terhadap konteks sosial dan budaya, adalah kunci untuk mencapai asesmen yang efektif dan menyeluruh. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia khususnya di wilayah Kecamatan Tenggarong.
Copyrights © 2025