Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif, Papan Onet berbasis Seling, untuk memperkenalkan huruf Hijaiyah dalam berbagai posisi kepada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang melibatkan sepuluh langkah menurut Borg & Gall, dari pengumpulan data hingga diseminasi dan implementasi produk. Observasi awal mengungkapkan bahwa banyak anak, terutama di Kelompok B, kesulitan mengenali huruf Hijaiyah dalam berbagai posisi (awal, tengah, dan akhir). Papan Onet berbasis Seling dikembangkan untuk mengatasi masalah ini, menggabungkan konsep Seling (Sentra dan Lingkaran) dan empat langkah perancah untuk meningkatkan pengalaman belajar. Uji coba lapangan dan revisi berdasarkan umpan balik dari pendidik dan anak-anak menunjukkan bahwa Papan Onet berbasis Seling secara efektif meningkatkan kemampuan anak-anak untuk mengenali huruf Hijaiyah dalam berbagai posisi. Analisis data menggunakan SPSS mengkonfirmasi validitas dan kelayakan media. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan yang menyenangkan ini meningkatkan minat dan motivasi anak-anak, membuat mereka lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran, yang sejalan dengan teori perkembangan yang menekankan efektivitas pembelajaran melalui kegiatan yang menyenangkan. Studi ini menyoroti potensi Papan Onet berbasis Seling sebagai metode alternatif untuk mengajarkan huruf Hijaiyah pada pendidikan anak usia dini.
Copyrights © 2024