Jurnal Pengabdian Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2023): December

Implemantasi Teori Piaget Menggunakan Puzzle Pada Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar

Iftidatul Nurul Maiyah (Universitas Muhammadiyah Jember)
Yola Novia Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Jember)
Lilis oktavia (Universitas Muhammadiyah Jember)
Danaris bobby Saputra (Universitas Muhammadiyah Jember)
Resti Utami (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru memberikan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif bagi siswa kelas V pada materi pecahan. Metode yang digunakan adalah Observasi dan metode Resitasi pada penerapan teori Piaget. Jumlah subjek penelitian sebanyak 11 siswa. Dari hasil yang didapatkan pada tahap pertama, siswa diberikan soal pretest sebanyak 5 soal berisi pecahan biasa dan siswa belum bisa menyelesaikannya. Tahap kedua, penulis menerapkan teori piaget dengan menggunakan media puzzle dan siswa sudah mulai memahami materi pecahan. Tahap ketiga, siswa diberikan quiz di balik potongan puzzle dan mengerjakannya. Pada tahap ini terdapat beberapa siswa yang masih kesulitan dalam mengerjakan. Tahap keempat, siswa dibagi menjadi dua kelompok kemudian diberi quiz penjumlahan pecahan biasa dan pecahan campuran. Pada tahap ini siswa sudah berkembang lebih baik dalam memahami dan mengerjakan materi pecahan. Penulis menyimpulkan bahwa penerapan teori piaget pada materi pecahan menggunakan media puzzle dapat membantu proses belajar siswa lebih baik dari sebelumnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The scope of the Jurnal Pengabdian Indonesia is to provide a forum for original articles, articles and books from academics, analysts, consultants and interested parties to provide study literature that focuses on the results of service in Indonesia covering the following fields of science: Social, ...