Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 1 No 2 (2015): Edisi Vol 1 No 2 November

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Novi Yulianti (Unknown)
Diding Jumadi (Unknown)
Asep Yuslinar (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2015

Abstract

Novi Yulianti (NIM. 113223034), Penerapan Metode Pembelajaran Student Facilitatorand Explaining dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisSiswa, Program Studi Pendidikan Matematika (PMTK), 2015. Matematika eratkaitannya dengan kemampuan pemecahan masalah. Salah satu cara untukmeningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah pembelajaran matematikadengan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Metode penelitianyang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswaSMP Negeri 2 Ciwaru tahun ajaran 2014/2015 dan sampelnya adalah siswa kelas VIIIB sebagai kelompok eksperimen dan VIII C sebagai kelompok kontrol. Hasilpenelitian menunjukan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yangdiajar dengan metode Student Facilitator and Explaining lebih baik dari Kemampuanpemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan metode konvensional.halini dapat dibuktikan dengan membandingkan nilai rata-rata postest kelompokeksperimen dan kelompok kontrol dimana nilai rata-rata postest kelompokeksperimen sebesar 72,75 lebih besar dari nilai rata-rata postest kelompok kontrolsebesar 57,75. sedangkan nilai rata-rata skor respon siswa terhadap pembelajaranmatematika dengan metode Student Facilitator and Explaining sebesar 3,44 yangmenunjukan bahwa respon siswa terhadap metode Student Facilitator and Explainingpositif.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...