Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 7 No 2 (2021): JUMLAHKU Vol. 7 No.2 Tahun 2021

Pembelajaran Generatif dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Daring untuk Meningkatkan Soft Skill Siswa

Yenni Yenni (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan soft skill antara siswa yang diberi model pembelajaran generatif dengan pendekatan kontekstual, dan siswa yang diberi metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperiment dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Insan Kreasi. Sampel berjumlah 65 siswa, dengan 34 siswa pada grup eksperimen dan 31 siswa pada grup kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan acak kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan soft skill siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran generatif dengan pendekatan kontekstual, dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh yaitu , maka terdapat perbedaan yang signifikan antara skor postest soft skill siswa grup eksperimen dan siswa grup kontrol. Hasil uji n-gain diperoleh nilai grup eksperimen > nilai grup kontrol yaitu 0.255>0.031. Artinya terdapat peningkatan soft skill siswa siswa grup eksperimen dan grup kontrol

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...