G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 9 No. 3 (2025): Agustus 2025. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Pengembangan Model Bimbingan Interpersonal Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Kota Pangkalpinang (Tinjauan Kecenderungan Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar)

Hevitria (Unknown)
Said Akhmad Maulana (Unknown)
Muhamad Tohir (Unknown)
Ropita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2025

Abstract

Kurangnya model interpersonal yang optimal dalam membimbing menyebabkan siswa bertingkah laku yang menyimpang secara sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model bimbingan interpersonal siswa SD di Kota Pangkalpinang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Produk pengembangan berupa buku model bimbingan interpersonal untuk siswa SD. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas tinggi. Subjek uji skala kecil berjumlah 10 orang, sedangkan skala besar berjumlah 60 siswa. Instrumen pengumpulan data yakni observasi, angket siswa, lembar validasi, wawancara guru, dan angket respon guru. Teknik analisis data meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian pengembangan produk model interpersonal untuk siswa SD di Kota Pangkalpinang dinilai valid dan praktis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara bimbingan interpersonal dan perilaku verbal bullying di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini diharapkan anak mendapatkan pengarahan dan bimbingan orang tua serta guru dalam menumbuhkembangkan bimbingan interpersonal anak. Kata kunci: bimbingan, interpersonal,  bullying

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...