Journal Liaison Academia and Society
Vol 4, No 3: September 2024

Sosialisasi Penggunaan Chatbot untuk Layanan Informasi di Desa Rimbo Mulyo

Ardi, Ardi (Unknown)
Tanjung, Mansur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Teknologi adalah perkembangan hidup yang ada di setiap aspek kehidupan, yang awalnya manusia melakukan semua hal secara manual lalu dengan teknologi maka sesuatu yang manual itu dapat dilakukan oleh teknologi, salah satu contoh adalah komunikasi, yang dahulu untuk berkomunikasi antar manusia sangat susah kalau tidak bertatap muka secara langsung, tetapi dengan teknologi hal itu dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, salah satu contoh teknologi yang ada adalah aplikasi untuk melakukan komunikasi dengan banyak orang yaitu Telegram, telegram adalah aplikasi sosial media untuk berkomunikasi jarak jauh dari berbagi video, berbagi pesan, dan photo. Pengembangan chatbot menggunakan platform DialogFlow yang terintegrasi pada aplikasi Telegram untuk memberikan informasi kepada layanan administrasi di Pemerintahan Desa Rimbo Mulyo adalah subjek penelitian ini. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan publik, khususnya informasi tentang layanan administrasi melalui sistem terpadu di tingkat desa. Ini akan mencakup pengembangan chatbot dan sistem kecerdasan buatan untuk mempercepat aliran informasi yang diperlukan. Chatbot adalah program yang dapat berkomunikasi dengan manusia melalui pesan teks atau suara. Penelitian ini bertujuan untuk membangun dan merancang sebuah telegram chatbot dengan mengimplementasikan Natural Language Processing dan algoritma Artificial Neural Networks di dalamnya.  Dengan menggunakan pemrosesan bahasa alami (NLP), komponen kecerdasan buatan, mereka memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari, seolah-olah mereka berbicara dengan manusia. Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli dalam pengembangan informasi berbasis digital dan informasi terhadap akses pelayan terhadap masyarakat masih diakses secara langsung. Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan Desa Rimbo Mulyo adalah memperkenalkan pelayanan informasi desa melalui sosialisasi pelayanan desa berbasis digital menggunakan chatbot. Melalui media ini dapat memberikan pengaruh terhadap pemahaman masyarakat terhadap pelayanan.

Copyrights © 2024