SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS
Vol. 4 No. 4 (2024)

IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KONTINGENSI DAN MANAJEMEN KONFLIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDIT DAARUT TAQWA KEC. RAJEG TANGERANG-BANTEN

HARTATI, SRI (Unknown)
ZOHRIAH, ANIS (Unknown)
BACHTIAR, MACHDUM (Unknown)
GUNAWAN, AGUS (Unknown)
OKTAVIANA, FADILLA (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

This research discusses the Contingency Leadership Model and Conflict Management in managing Education Quality. The contingency leadership model is a theory that states that there is not one leadership style that is right for all situations, but rather depends on the context and situation faced. In educational management, the contingency leadership model can help educational leaders to identify and apply the most effective leadership style in a particular situation. This research aims to observe the implementation of contingency leadership and conflict management applied by school principals to improve the quality of education at SDIT Daarut Taqwa, Rajeg District, Tangerang-Banten. Contingency leadership, which emphasizes adapting leadership style according to the situation, and conflict management, which relates to how principals manage differences of opinion and challenges in the school environment, are considered important factors in achieving excellent educational quality. This research uses qualitative methods by collecting data through interviews, observation and documentation. The research results state that the effective application of these two concepts contributes to improving the quality of learning, teacher involvement, and overall school management. These findings can be a reference for developing leadership and management strategies in several other schools that will maximize educational value. ABSTRAKPenelitian ini membahas tentang Model Kepemimpinan Kontigensi dan Manajemen konflik dalam pemgelolaan Mutu Pendidikan. Model kepemimpinan kontingensi adalah teori yang menyatakan bahwa tidak ada satu gaya kepemimpinan yang tepat untuk semua situasi, melainkan tergantung pada konteks dan situasi yang dihadapi. Dalam pengelolaan pendidikan, model kepemimpinan kontingensi dapat membantu pemimpin pendidikan untuk mengidentifikasi dan menerapkan gaya kepemimpinan yang paling efektif dalam situasi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati implementasi kepemimpinan kontingensi dan manajemen konflik yang diterapkan oleh kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan di SDIT Daarut Taqwa, Kecamatan Rajeg Tangerang-Banten. Kepemimpinan kontingensi, yang menekankan adaptasi gaya kepemimpinan sesuai dengan situasi, dan manajemen konflik, yang berkaitan dengan bagaimana kepala sekolah mengelola perbedaan pendapat dan tantangan di lingkungan sekolah, dianggap sebagai faktor penting dalam mencapai kualitas pendidikan yang sangat baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan kedua konsep tersebut secara efektif berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, keterlibatan guru, serta manajemen sekolah secara keseluruhan. Temuan ini dapat menjadi referensi bagi pengembangan strategi kepemimpinan dan manajemen di beberapa sekolah lain yang akan memaksimalkan nilai pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

social

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...