JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiri di Nagari Limo Koto Kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung

Fitriani, Sela (Unknown)
Hendrita, Vivi (Unknown)
Arief Syuhada, Fildza (Unknown)
Supriyanti, Juli (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Pemberdayaan perempuan merupakan salah satu strategi dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan keluarga. Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiri di Nagari Limo Koto, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, berperan dalam meningkatkan kemandirian perempuan melalui berbagai kegiatan pertanian dan pengolahan hasil pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pemberdayaan perempuan dalam KWT Mandiri serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi, yang melibatkan 20 anggota KWT sebagai responden. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan perempuan dalam KWT Mandiri meliputi empat aspek utama: penanaman tanaman pangan, pengolahan hasil pertanian, program simpan pinjam, dan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Kegiatan ini berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi dan kemandirian perempuan. Namun, kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan modal, persaingan pasar, serta kurangnya inovasi dalam pengolahan hasil pertanian. Kesimpulannya, KWT Mandiri telah berhasil meningkatkan peran perempuan dalam pertanian dan ekonomi, tetapi diperlukan strategi inovatif dalam diversifikasi produk dan akses permodalan untuk memperkuat keberlanjutan kelompok.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...