JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Deskripsi Habits of Mind Pada Mata Pelajaran Matematika

Aprillia, Nelly (Unknown)
Rahmat, Tasnim (Unknown)
Isnaniah, Isnaniah (Unknown)
Fitri, Haida (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan wawancara yaitu kurangnya perhatian siswa terhadap aspek pembentukan sikap atau karakter, siswa kurang mampu dalam mengeksplorasi ide-ide matematis. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana habits of mind pada mata pelajaran matematika?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui habits of mind pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket habits of mind yang digunakan untuk mengukur habits of mind siswa. Teknik analisis data dengan prosedur tabulasi data, menentukan kategori habits of mind, menyajikan data, mendeskripsikan dan menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase habits of mind siswa pada mata pelajaran matematika 63,01% dengan kriteria baik. Habits of mind per-indikator berada pada kriteria baik, dengan persentase 68-72%. Indikator merefleksi kebenaran jawaban matematis merupakan indikator dengan persentase 72% dimana siswa dapat melakukan dengan baik dalam merefleksi kebenaran jawaban, menjelaskan langkah-langkah yang mereka gunakan untuk menyelesaikan masalah. Indikator generalisasi merupakan indikator dengan persentase 68% dimana siswa kurang memiliki prinsip kemahiran dalam memecahkan masalah, siswa kurang mampu untuk menumbuhkan kemampuan berfikir dalam mengeksplorasi berbagai strategi penyelesaian masalah yang sesuai, sehingga tidak dapat menghasilkan strategi pemecahan masalah yang baru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...