JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Keefektifan Teknik Bermain Peran dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII MTsN 3 Limapuluh Kota

Hanum, Latifah (Unknown)
Syawaluddin, Syawaluddin (Unknown)
Afrida, Yeni (Unknown)
Arjoni, Arjoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih adanya siswa belum mengetahui bagaimana cara berkomunikasi secara terbuka atau tidak memiliki keterampilan untuk menyampaikan perasaan atau pikiran mereka dengan jelas, masih ada sebagian siswa masih mengeluarkan kata-kata kurang baik dan kasar dalam berkomunikasi dengan temannya, masih ada sebagian siswa masih yang cenderung pasif, tidak ikut berkontribusi dalam diskusi, ataupun saat jam pelajaran berlangsung, saat ditanya mereka hanya diam, tidak memberikan respon atau umpan balik saat diberikan pertanyaan, masih ada sebagain siswa masih mengejek perbedaan logat dan bahasa diantara mereka., masih ada sebagian siswa masih kurang merespon dengan baik saat diajak berbicara dengan teman yang bukan dari anggota kelompok mereka.. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran komunikasi interpersonal siswa sebelum diberikan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok. (2) mengetahui gambaran komunikasi interpersonal siswa setelah diberikan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok. (3) mengetahui efektif atau tidaknya teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental Design dengan menggunakan model One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 324 siswa, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 15 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuisioner komunikasi interpersonal yang dikembangkan oleh penulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) gambaran komunikasi interpersonal siswa kelas VIII sebelum diberikan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok berada pada kategori sedang dengan meannya adalah 121.4. (2) gambaran komunikasi interpersonal siswa kelas VIII sesudah diberikan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok berada pada kategori tinggi, dengan meannya adalah 141.86. (3) hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig 2-tailed 0.001 yang berarti lebih kecil dari 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII di MTsN 3 Limapuluh Kota.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...