JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa SD

Febriana, Ika (Unknown)
Amrizal, Andre (Unknown)
Riskiyana, Nissa (Unknown)
Gaol, Meita Krisnadya Lumban (Unknown)
Hutapea, Naomi Priska Aprilia (Unknown)
Ginting, Hanny Pebri Olivia (Unknown)
Nasution, Zahra Fadilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar memegang peranan penting dalam membentuk kemampuan literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal sebagai pendekatan inovatif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kearifan lokal dalam pembelajaran, seperti cerita rakyat, pantun, peribahasa, dan permainan tradisional, mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...