Pembelajaran fisika di SMAN 1 Payakumbuh masih cenderung terpusat ke guru serta bersifat satu arah, yang berdampak di rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian tujuannya untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Inquiry based Learning (IBL) berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa di pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang dipakai ialah quasi eksperimen dengan desain posttest only control group. Populasi ialah siswa kelas XI Mipa. Sampel diambil memakai teknik purposive sampling, serta data diambil lewat tes hasil belajar seperti soal pilihan ganda. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung = 2,602 > ttabel = 1,667, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil itu, bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Inquiry based Learning (IBL) berbantuan LKPD terhadap hasil belajar siswa selas XI SMAN 1 Payakumbuh.
Copyrights © 2025