Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran video untuk materi kelas 5 yang efektif dan efisien. Video ini dirancang khusus untuk membantu siswa memahami konsep pembelajaran pada tema 3 subtema 2 pembelajaran 1. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDS Ampera selama semester genap tahun ajaran 2023/2024. Proses pengembangan video ini mengikuti model ADDIE yang meliputi analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data yang di dapat dari penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi memperlihatkan video pembelajaran yang dibuat dinilai layak. Para ahli yang menilai video ini memberi skor 78% untuk kualitas media, 75% untuk isi materi, 88% untuk bahasa yang digunakan, dan 100% untuk kepraktisan penggunaannya. Disamping itu, hasil uji coba respon siswa memperlihatkan tingkat efektivitas yang tinggi, dengan skor 90%. Dengan begitu dapat disimpulkan, video pembelajaran ini dapat diterapkan dalam pembelajaran sekolah dasar sebab telah memenuhi kriteria layak, praktis, dan efektif.
Copyrights © 2025