Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya pembinaan moderasi beragama di SDN 104240 Wonosari. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti Miles & Huberman, dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menggunakan dua strategi utama dalam pembinaan moderasi beragama, yaitu strategi langsung berupa pemberian nasihat, teladan, serta arahan, dan strategi tidak langsung melalui pembiasaan kegiatan keagamaan. Kendala yang dihadapi termasuk keterbatasan fasilitas ibadah dan perilaku siswa yang sulit diatur. Namun, guru berhasil mengatasi kendala tersebut dengan pendekatan yang lebih praktis dan menarik bagi siswa. Oleh karena itu, Program pembinaan moderasi beragama di sekolah ini berhasil menciptakan lingkungan yang inklusif dan harmonis, di mana siswa dapat saling menghargai dan hidup berdampingan dengan damai.
Copyrights © 2025