Tujuan pemberdayaan ini adalah untuk melakukan stimulasi kepada guru ngaji dengan kegiatan pendampingan agar supaya SDM Guru bisa meningkat dan kretif dalam pembelajaran membaca al-qur’an, metode pendampinagn guru Ngaji Pada Aspek Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Melalui Metode ‘Allimna. Metode pemberdayaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD). Ada 5 aset (potensi) yang ada di dalam ABCD yaitu: Aset Individu, Asosiasi, Institusi, Fisik atau Materi dan koneksi atau jaringan komunikasi yang luas. Langkah pemberdayaan yang akan dilakukan di komunitas Musholla Al-Hidayah Kabupaten Jember, yaitu define, discovery ,dream, design dan deliver atau destiny. Hasil pemberdayaan menunjukkan bahwa Pelaksanaan pemberdayaan di di komunitas Musholla Al-Hidayah Kabupaten Jember telah dilaksanakan dengan berbagai tahapan berikut yaitu tahap Define, Discovery, Dream, Design dan Deliver. Pendampingan di komunitas Musholla Al-Hidayah Kabupaten Jember yang difokuskan pada peningkatan kreatifitas dan mengembangkan kualitas SDM Guru Ngaji Pada Aspek Pembelajaran Membaca Al-Qur’an melalui Metode ‘Allimna
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025