Journal Education Innovation
Vol. 3 No. 1 (2025): JEI - Januari

IMPLEMENTASI GURU DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER ISLAMI ANAK USIA DINI DI RA IT BUNAYYA PANDAN

Lidia Kusmira (Unknown)
Simatupang, Ananda Yukhairiza (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dan orang tua dalam pembentukan karakter Islami anak usia dini di RA IT Bunayya Pandan melalui pendekatan pembiasaan dan keteladanan. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan dan data lapangan yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data dianalisis menggunakan metode triangulasi untuk memastikan validitas hasil. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada perilaku Islami anak setelah program pembiasaan diterapkan, dengan indikator seperti mengucapkan salam, membaca doa, disiplin dalam ibadah, dan saling menghormati teman meningkat lebih dari 40%. Kolaborasi antara guru dan orang tua menjadi kunci keberhasilan program ini, dengan kontribusi masing-masing pihak yang saling melengkapi, terutama dalam pembiasaan ibadah dan pengawasan teknologi di rumah. Tantangan seperti pengaruh teknologi modern, keterbatasan sarana pembelajaran, dan kurangnya waktu orang tua diatasi melalui program parenting yang dirancang secara sistematis. Nilai kebaharuan penelitian ini terletak pada integrasi pendekatan berbasis nilai Islami dalam pembiasaan dan kolaborasi antara rumah dan sekolah, yang memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kualitas pendidikan karakter. Penelitian ini tidak hanya memberikan solusi konkret untuk membentuk karakter Islami anak tetapi juga menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum berbasis nilai Islami di berbagai lembaga pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jei

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal Education Innovation (JEI) adalah Jurnal ilmiah yang terbit 4 kali dalam setahun. Jurnal ini memberikan wadah bagi para peneliti dan praktisi terkait temuan dalam seluruh aspek bidang Pendidikan. Jurnal ini berfokus pada Penelitian Pendidikan dalam bidang Pembelajaran dan Pengajaran, ...