EDU-KATA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 11 No 1 (2025): Februari 2025

The Role of Early Childhood Education in Optimizing Social and Cognitive Development

Hikmawati, Lila (Unknown)
Winnuly, Winnuly (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang sangat penting dalam mengoptimalkan perkembangan sosial dan kognitif anak. Pada masa usia dini, perkembangan otak anak berlangsung sangat pesat, dan pengalaman pendidikan yang diterima pada tahap ini akan memberikan dampak jangka panjang terhadap kemampuan sosial dan kognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran PAUD dalam mendukung kedua aspek perkembangan tersebut, dengan fokus pada pentingnya pendidikan yang berkualitas untuk mendukung interaksi sosial yang positif dan kemampuan berpikir anak. Melalui tinjauan literatur, penelitian ini mengidentifikasi berbagai strategi pembelajaran yang efektif, seperti pendekatan berbasis permainan, pembelajaran interaktif, serta dukungan emosional dari pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAUD yang memfasilitasi pembelajaran yang menyenangkan dan stimulatif dapat meningkatkan keterampilan sosial anak, seperti kemampuan berkomunikasi, berbagi, dan bekerja sama, serta mengembangkan kemampuan kognitif, seperti pemecahan masalah dan penguasaan bahasa. Temuan ini juga menekankan pentingnya kebijakan yang mendukung pengembangan program PAUD yang inklusif dan berkualitas, guna memastikan semua anak memiliki akses terhadap pendidikan yang dapat mendukung perkembangan mereka secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kata

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is published by the Master Program of Indonesian Language and Literature Education, Postgraduate Program, Islamic University Darul Ulum Lamongan as a medium of information, teaching facilities, and dissemination of research results, theoretical developments, and scientific writings on ...