Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 2 (2024): Desember

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint Interaktif terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Ramadhani, Andi Fitria (Unknown)
Pagarra, Hamzah (Unknown)
Nurhaedah, Nurhaedah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis PowerPoint interaktif terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas satu Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) menggambarkan penerapan media pembelajaran berbasis PowerPoint interaktif dalam proses pembelajaran membaca, (2) mengevaluasi hasil kemampuan membaca permulaan siswa setelah penerapan media tersebut, serta (3) menguji signifikansi pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi menggunakan kelompok kontrol yang tidak setara. Sampel penelitian terdiri atas 60 siswa kelas satu yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes membaca permulaan, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan perangkat lunak analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca permulaan siswa setelah penerapan media pembelajaran berbasis PowerPoint interaktif. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran tersebut sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa dan dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran yang inovatif di Sekolah Dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi strategi pembelajaran adaptif untuk prestasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan jurnal yang mengajak para peneliti untuk turut berpartisipasi mengurai beragam problem pada tingkat pendidikan sekolah dasar dengan hasil-hasil riset konstruktif dan aplikatif. Jurnal ini mengajak para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, ...