Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh
Vol 14, No 2 (2024): Edisi Juli - Desember 2024

PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI KECAMATAN KALIWATES DAN PATRANG KABUPATEN JEMBER

Syah, Aldi Firman (Unknown)
Satoto, Eko Budi (Unknown)
Murtaliningtyas, Wenny (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Kaliwates dan Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Penelitian yang dilakukan pada karya ilmiah ini adalah penelitian deskriptif dan kuantitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, yang melibatkan seluruh pelaku usaha UMKM di Kecamatan Kaliwates dan Patrang dengan jumlah 90 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji t. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan regresi linear dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Berpengaruh Signifikan Terhadap Perkembangan UMKM di Kecamatan Kaliwates dan Patrang Kabupaten Jember. Kata Kunci: Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran dan Perkembangan UMKM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jimma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Manajemen diterbitkan secara berkala 6 bulanan yaitu pada Edisi Januari-Juni dan Edisi ...