Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan pemahaman guru bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka dan implementasi pelayanan BK dalam kurikulum merdeka di SMA Negeri Se-Kota Palu. Menjembatani kesenjangan antara visi Kurikulum Merdeka dan praktik pendidikan sehari-hari di lapangan. Pemahaman kurikulum Merdeka dalam layanan konseling yang efektif dan inovatif dapat menjadi langkah penting dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tuntutan masa depan yang semakin kompleks dan beragam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. dimana data akan dipaparkan secara deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu guru bimbingan dan konseling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa, pemahaman.Guru Bimbingan dan Konseling terhadap kurikulum Merdeka di SMA se- Kota Palu sebagian besar guru BK telah memahami tentang kurikulum Merdeka, hal ini dapat terlihat dari pemahaman perbedaan kurikulum medeka dan kurikulum sebelumnya serta adanya perangkat yang sesuai dengan kurikulum Merdeka. Implementasi pelayanan Bimbingan dan Konseling terhadap kurikulum Merdeka di SMA se- Kota Palu Sebagian besar telah terlaksana, meskipun ada beberapa sekolah yang baru melaksanakan di beberapa semester terakhir Luaran yang dihasil pada penelitian ini berupa publikasi jurnal nasional terakreditasi 2024.
Copyrights © 2024