Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2025 (1)

Pengaruh Gaya Belajar terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SD

Prastyo, Danang (Unknown)
Sulistyowati, Ida (Unknown)
Budiyono, Sunu Catur (Unknown)
Salsabila, Sovia Putri (Unknown)
Safitri, Dita Ivana (Unknown)
Qotrunnada, Emilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V di SD Negeri Surabaya. Jenis Penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi penelitian seluruh siswa SD Negeri Rungkut Menanggal I Surabaya, SD Negeri Ngagel Rejo I Surabaya dan SD Negeri Margerejo I Surabaya. Sampel penelitian 32 siswa kelas V SD Negeri Rungkut Menanggal I Surabaya, 32 siswa kelas V SD Negeri Ngagel Rejo I Surabaya dan 34 siswa kelas V SD Negeri Margerejo I Surabaya. Instrumen dalam penelitian menggunakan kuisioner atau angket dengan 40 jawaban tertutup. Untuk instrumennya menggunakan angket kecerdasan emosional Golemen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner berupa pengisian angket. Teknik analisis data menggunakan Uji Anova. Dari hasil penggolaan data disimpulkan nilai sig. 0.00 < 0.05, artinya terdapat gaya belajar berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V SD Negeri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...