Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Edisi Februari 2025

PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD

Agustini, Lulu (Unknown)
Imansyah, Farizal (Unknown)
Mulbasari, Angria Septiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh outdoor study terhadap terhdap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 03 Tanjung Batu. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekseperimen dengan pengaruh outdoor study terhadap terhdap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 03 Tanjung Batu. Hasil penelitian kelas eksperimen yang menggunakan outdoor study menunjukan adanya peningkatan dari motivasi belajar dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan atau, Hal ini terbukti dari nilai kelas eksperimen dan kolas kontrol, yang mana kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 90,43 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 79,13. Hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan outdoor study pada siswa kelas V.A di SD Negeri 03 Tanjung Batu diperoleh nillai sebesar 73.00. Hasil rata-rata kelas kontrol setelah diberi perlakuan ice breaking berbasis tepuk tangan diperoleh nilai sebesar 53.50. Berdasarkan kaidah pengujian hipotesis uji-t. Diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05 maka Ho ditolak Ha di terima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Hasil thitung=5.584 dan ttabel = 1.729. berarti thitung> ttabel sehingga Ho ditolak Ha di terima dengan demikian outdoor study berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V.A mata pelajaran IPA SD Negeri 03 Tanjung Batu.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...