Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Edisi Februari 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS lV SD NEGERI 03 RAMBANG

Purnamasari, Ely (Unknown)
Hera, Treny (Unknown)
Irawan, David Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model pembelajaran inside ourside circle terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Rambang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (Pre- Experimental Design) dengan design penelitian one group pretest- posttest contol design. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 03 Rambang dengan jumlah peserta didik 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah test dan dokumentasi. Instrumen penelitian sudah melalui uji validitas, uji reliabilitas serta dinyatakan layak untuk penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Paired sample t-test. Hasil Posttest dan pretest menunjukan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA setelah menerapkan model pembelajaran inside outside circle. jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inside outside circle terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Rambang.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...