Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode outdoor learning (pembelajaran luar ruang) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di jenjang sekolah dasar. Motivasi belajar yang rendah dan metode pembelajaran yang kurang menarik sering menjadi kendala dalam proses belajar mengajar. Dengan outdoor learning, siswa diajak belajar langsung di lingkungan luar kelas, sehingga mereka dapat lebih aktif dan memahami konsep IPA melalui pengalaman nyata. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengumpulkan data dari artikel ilmiah melalui Google Scholar dan Publish or Perish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran di luar ruangan mampu meningkatkan motivasi, pemahaman konsep, dan aktivitas siswa secara signifikan dari satu siklus ke siklus berikutnya Meskipun demikian, keterbatasan referensi dan metode studi pustaka menjadi kelemahan yang perlu diperbaiki dengan penelitian lapangan di masa mendatang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025