Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Edisi Februari 2025

PENERAPAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Aisyah, Siti (Unknown)
Azizah, Hani Nur (Unknown)
Ulfa, Husnatul (Unknown)
Amalia, Riska (Unknown)
Andrian, Firma (Unknown)
Adiwijaya, Satria Nugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode outdoor learning (pembelajaran luar ruang) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di jenjang sekolah dasar. Motivasi belajar yang rendah dan metode pembelajaran yang kurang menarik sering menjadi kendala dalam proses belajar mengajar. Dengan outdoor learning, siswa diajak belajar langsung di lingkungan luar kelas, sehingga mereka dapat lebih aktif dan memahami konsep IPA melalui pengalaman nyata. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengumpulkan data dari artikel ilmiah melalui Google Scholar dan Publish or Perish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran di luar ruangan mampu meningkatkan motivasi, pemahaman konsep, dan aktivitas siswa secara signifikan dari satu siklus ke siklus berikutnya Meskipun demikian, keterbatasan referensi dan metode studi pustaka menjadi kelemahan yang perlu diperbaiki dengan penelitian lapangan di masa mendatang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...