Jurnal Kompetitif Bisnis
Vol 2 No 4 (2024): Jurnal Kompetitif Bisnis

IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING PADA PELAYANAN KELUHAN PELANGGAN PT. PLN (PERSERO)

Vahlepy, Donna (Unknown)
Wardianto, Kussuyatmono Bagus (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Setiap perusahaan menginginkan perluasan unit bisnis saat ini. Memperhatikan faktor loyalitas pelanggan merupakan salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan unit bisnis. Di PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan Way Halim, penelitian ini bermaksud untuk menganalisis dan kemudian menunjukkan pengaruh kepercayaan, komitmen perusahaan, komunikasi, dan penanganan konflik terhadap loyalitas pelanggan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang, yang merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Indikator Kepercayaan memberikan kualitas layanan yang baik, ketepatan waktu, dan terintegrasi. (2) Indikator Komitmen memberikan jaminan layanan jasa sesuai dengan tingkat mutu pelayanan kepada pelanggan. (3) Indikator Komunikasi dapat memberikan kemudahan para pelanggan untuk mendapatkan informasi melalui berbagai media seperti call center 123 dan aplikasi PLN mobile. (4) Dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan, perusahaan PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan Way Halim peduli dengan masalah kepercayaan, komitmen perusahaan, komunikasi, dan penanganan konflik karena semua aspek tersebut berdampak pada loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Kompetitif bisnis adalah jurnal kajian bisnis yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Maret dan November) oleh Administrasi Bisnis-FISIP Universitas Lampung. Topik artikel yang diterbitkan adalah penelitian teoritis dan empiris yang berfokus pada studi tentang bisnis Topik artikel: Keuangan, ...