Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP)
Vol. 2 No. 3 (2024): Juli

IMPLIKASI PENERAPAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN

ERNA SEFRIANI SABUNA (Unknown)
HERRY SANOTO (Unknown)
YARI DWIKURNANINGSIH (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Individu memiliki kemampuan untuk mengembangkan pengetahuannya sendiri, yang berarti bahwa pengetahuan yang dimiliki setiap individu dapat dibentuk oleh mereka sendiri melalui interaksi mereka dengan lingkungan mereka yang terus-menerus dan terus berubah. Dengan berinteraksi dengan lingkungan mereka, mereka memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan mengorganisasikan lingkungan mereka sehingga terjadi perubahan dalam struktur kognitif mereka, mengembangkan pengetahuan, wawasan, dan pemahaman mereka tentang dunia. Selain itu, individu memiliki kemampuan untuk memodifikasi diri mereka sendiri. Implikasi teori perkembangan Kognitif dalam pembelajaran menurut Piaget, Vygotsky, dan Bruner. Adapun 2 proses yang melengkapi teori perkembangan kognitif menurut Piaget, yaitu asimilasi dan akomodasi. Vygotsky menekankan bahwa hubungan antara individu dan lingkungan sosial sangat penting untuk pembentukan pengetahuan. Interaksi sosial, atau interaksi individu dengan orang lain, adalah faktor terpenting yang dapat mempengaruhi perkembangan kognitif seseorang. Fokus Bruner adalah mengeksplorasi potensi seseorang. ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pembelajaran menurut Bruner terdiri dari a) Partisipasi aktif individu dan mengenal perbedaan. b) Guru sebagai tutor, fasilitator, motivator dan evaluator.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jhpp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan hasil penelitian dan ...