Sirajuddin : Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam
Vol 4 No 1 (2024): Sirajuddin Desember 2024

PENGEMBANGANVARIASI MODEL PEMBELAJARAN DENGANNILAI AKHLAK ALQUR’ANBERBASIS MANAJEMEN KELAS DI MADRASAH TSANAWIAH

Umi Karimatul Azizah (Unknown)
Abd. Kahar (Unknown)
Nurul Iflaha (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menemukan apa saja yang harus disiapkan oleh seorang guru dalammengembangkan metode pembejaran dengan pendekatan pengelolaan kelas dan integrasiakhlak Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah 02 Miftahul Ulum Bakid Lumajang. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif pendekatan studi kasus. Dalam mengumpulkan datamenggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahanmenggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian memperlihatkan persiapan guru dalammenyiapkan pembelajaran adalah pengaturan tempat duduk dilakukan dengan bervariasi,seperti bentuk tradisional, bentuk setengah lingkaran atau huruf U dan bentuk berkelompok.Guru mengatur posisi duduk siswa berpindah-pindah. Pengembangan metode pembelajaranyang dilaksanakan yaitu; a) Metode pembelajaran aktifitas peran siswa yang dikembangkanguru mampu membangkitkan semangat/menambah gairah belajar. b) metode grup ahlimampu menumbuhkan keberanian siswa untuk menyampaikan pendapatnya di dalam kelas.c) metode investigasi mampu menumbuhkan kebiasaan cara bekerja yang baik dalamkehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sirajuddin

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Facus and Scope The Journal of Islamic Education Studies and Research is published by Miftahul Ulum School of Sharia Sciences of Lumajang. This journal contains the texts of the results of studies and research by Islamic Education researchers and academics ; sciences related to Islamic Education, ...