Journal of Innovation Research and Knowledge
Vol. 4 No. 9: Februari 2025

MANAJEMEN PEMBELAJARAN TRANSISI PAUD KE SD UNTUK OPTIMALISASI KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG BERKUALITAS PADA JENJANG PAUD DAN SD KELAS AWAL

Yenny Nurul Wulandari (Unknown)
Ahmad Suriansyah (Unknown)
Sulistiyana, Sulistiyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2025

Abstract

Pola transisi PAUD akan lebih maksimal apabila disandingkan dengan manajemen pembelajaran yang relevan di tingkat SD awal. Pola manajemen pembelajaran di kelas awal SD (kelas 1 di semester pertama) hendaknya memperhatikan beragam pola transisi yang berpihak pada siswa serta mampu menciptakan iklim belajar yang menasik, menyenangkan dan sesuai dengan usia anak. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi literatur. Adapun data yang dikaji adalah penelitian mengenai konsep pembelajaran pendidikan usia dini dan implementasinya.  Hasil penelitian ini adalah Masa transisi PAUD ke SD adalah sebuah program yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran awal bagi siswa yang memasuki masa transisi dari PAUD ke SD agar dapat belajar sesuai kebutuhan dan karakteristik mereka. Masa transisi PAUD ke SD membawa siswa untuk belajar tanpa merasa terbebani kegiatan pembelajaran di sekolah dasar yang membuat mereka rentan stress dan tertekan. Masa transisi PAUD ke SD menciptakan kegiatan belajar yang menarik, menyenangkan dan bervariasi dengan lingkungan belajar yang kondusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIRK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Innovation Research and Knowledge, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, print version of ISSN: 2798-3471 and the online version of ISSN: 798-3641, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: Culture (a ...