Pola transisi PAUD akan lebih maksimal apabila disandingkan dengan manajemen pembelajaran yang relevan di tingkat SD awal. Pola manajemen pembelajaran di kelas awal SD (kelas 1 di semester pertama) hendaknya memperhatikan beragam pola transisi yang berpihak pada siswa serta mampu menciptakan iklim belajar yang menasik, menyenangkan dan sesuai dengan usia anak. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi literatur. Adapun data yang dikaji adalah penelitian mengenai konsep pembelajaran pendidikan usia dini dan implementasinya. Hasil penelitian ini adalah Masa transisi PAUD ke SD adalah sebuah program yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran awal bagi siswa yang memasuki masa transisi dari PAUD ke SD agar dapat belajar sesuai kebutuhan dan karakteristik mereka. Masa transisi PAUD ke SD membawa siswa untuk belajar tanpa merasa terbebani kegiatan pembelajaran di sekolah dasar yang membuat mereka rentan stress dan tertekan. Masa transisi PAUD ke SD menciptakan kegiatan belajar yang menarik, menyenangkan dan bervariasi dengan lingkungan belajar yang kondusif.
Copyrights © 2025