Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan telah memicu berbagai inovasi dalam proses pembelajaran. Hal ini menuntut guru untuk lebih inovatif dalam menyampaikan materi agar dapat menarik perhatian siswa serta meningkatkan pemahaman mereka. Salah satu materi yang diajarkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah teks cerpen. Namun, dalam penerapannya, pembelajaran cerpen sering kali kurang menarik karena masih didominasi oleh metode tradisional, seperti ceramah dan diskusi yang minim penggunaan media interaktif. Akibatnya, banyak siswa kurang termotivasi dalam memahami struktur, unsur intrinsik, serta nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audiovisual Powtoon pada materi teks cerpen yang berbasis pendidikan karakter kreatif dan mandiri untuk siswa SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Peneliti dalam penelitian ini telah mendapatkan beberapa teori dan kartu data, serta analisis kata kerja operasional dari berbagai buku teks. Selain itu, instrumen divalidasi oleh steakeholder dan pakar. Fokus Grup Diskusi (FGD) digunakan untuk memastikan keabsahan data penelitian. Analisis data menggunakan proses reduksi, sajian, dan verifikasi. Ditemukan dalam penelitian ini terdapat tiga tahap pengembangan pendahuluan, pengembangan, dan pengujian digunakan untuk mengajar siswa kelas VII SMP N 3 Kalasan teks cerpen menggunakan media audiovisual.Kata kunci: Powtoon, Pendidikan Karakter, Teks Cerpen
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025