Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 14, No 1 (2025)

UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V SD NEGERI 4 BANYUASIN III

Martini, Martini (Unknown)
Murniati, Femmy (Unknown)
Pertiwi, Satri (Unknown)
Handayani, Puji (Unknown)
Effendi, Darwin (Unknown)
Rukiyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 4 Banyuasin III Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dilakukan persiklus atau kegiatan berulang. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengeloaan hasil belajar siswa menggunakan analisis kuantitatif dimana skor maksimal setiap soal pada siklus I dan siklus II adalah 100. Berdasarkan penelitian bahwa Metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatakan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 4 Banyausin III. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran sebelum perbaikan  hanya ada 7 orang (28%) yang terlibat aktif. Pembelajaran setelah melakukan siklus I siswa yang telibat aktif 16 orang (64%). Dan setelah dilakukan siklus II keterlibatan siswa dalam pembelajaran meningkat yaitu 22 orang (88%). Perubahan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada ketuntasan belajar dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum perbaikan siswa yang tuntas hanya 3 Orang (12%), setelah dilakukan siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 11 Orang (44%). Pada siklus I sudah menunjukkan adanya kemajuan tetapi, Karena persentase ketuntasan belum mencapai 85% maka dilakukan siklus II, hasil yang didapat pada siklus II yaitu 22 Orang (88%). Karena persentase pencapaian hasil belajar siswa sudah tercapai maka tidak dilanjutkan siklus III.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...