Jurnal Politik dan Pemerintahan Daerah
Vol 6, No 2 (2024): Desember

Analisis Konten Kampanye Airin Rachmi Diany di Media Sosial Instagram: Studi Kasus Pemilihan Gubernur 2024

Pramonoputri, Alya Hana (Unknown)
Barkah, Cecep Safa’atul (Unknown)
Auliana, Lina (Unknown)
Herawaty, Tetty (Unknown)
Sutrisno, Lucky Taufik (Unknown)
Septian, Christin Dwi Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2025

Abstract

Pemilu 2024 menunjukkan transformasi besar dalam cara politisi berkomunikasi dengan pemilih, melalui media sosial khususnya Instagram merupakan platform utama dalam kampanye politik. Artikel ini menganalisis konten kampanye Airin Rachmi Diany di Instagram untuk Pemilihan Gubernur 2024, dengan fokus pada bagaimana elemen-elemen konten seperti citra diri, empati, nilai-nilai, keharmonisan, dan hubungan dengan pemilih digunakan untuk membangun citra dan menarik perhatian audiens. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis framing untuk menilai postingan Instagram Airin Rachmi Diany dan respons audiens. Temuan menunjukkan bahwa konten yang menonjolkan citra diri dan keharmonisan memperoleh keterlibatan tertinggi, sementara elemen lainnya, seperti empati dan komunikasi nilai, kurang menarik perhatian audiens dalam meningkatkan keterlibatan. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya menciptakan konten yang relevan dan emosional dalam kampanye politik di era digital. Artikel ini menyimpulkan bahwa media sosial merupakan alat komunikasi yang dapat membangun hubungan dengan pemilih dan memperkuat citra publik. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppd

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Politik dan Pemerintahan Daerah merupakan jurnal ilmiah yang proses telaahnya menggunakan peer-review . Jurnal ini mempublikasikan artikel penelitian dan artikel kajian literatur dalam bidang politik dan pemerintahan daerah. Fokus jurnal ini adalah Politik meliputi: kekuasaan, kebijakan, ...